Tips Agar Mata Sehat, Terlihat Bening dan Segar



Cara Agar Mata Sehat, Mata Bening, Mata Bersinar
Mata adalah suatu bagian tubuh yang sangat penting dan mutlak untuk dirawat dan dijaga kesehatannya. Aktifitas apa yang tidak mempergunakan alat indera yang satu ini? Ya, mata adalah aset penting yang diberikan oleh Sang Pencipta kepada kita agar dapat melihat keindahan dunia yang telah diberikan-Nya.

Selain itu mata-lah yang menunjang segala aktifitas kita sehari-hari. Namun, dari situ acapkali kita sering mengabaikan kesehatan mata kita. Padahal, mata adalah organ luar yang paling sensitif dan paling rentan terhadap segala macam ancaman dari aktifitas sehari-hari.

Hal yang kadang dapat membuat mata menjadi kusam, kotor ini biasanya diakibatkan karena terlalu berlebihnya dalam beraktifitas sehari-hari. Apalagi, kerja yang membutuhkan mata "ekstra" di dalamnya.

Contohnya saja pekerjaan kantoran. Tidak lepas dari komputer seharian bekerja. Menyita waktu untuk berhadapan dengan layar komputer tentu saja akan tidak baik untuk kesehatan mata kita. Mata menjadi kering, kotor dan kusam.

Oleh karena itu perlu untuk tetap menjaga kesehatan mata agar tetap segar sebagaimana yang diinginkan.

Hal-hal yang dapat Anda lakukan antara lain adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin untuk mata, yang di dalamnya terdapat asam lemak omega-3, lutein, zink, vitamin A, C, dan E. Zat-zat tersebut akan sangat bagus untukkesehatan mata kita.

Jika Anda seorang yang harus terus menerus berhadapan di depan layar komputer maka sempatkanlah setiap 20 menit sekali untuk sekedar mengedipkan mata (@ 20 kali) atau untuk melihat lingkungan luar ruangan.

Berhenti merokok. Hampir dalam setiap kasus permasalahan kesehatan selalu melibatkan rokok sebagai penyebabnya, termasuk juga mata. Sebuah studi menyimpulkan bahwa merokok dapat meningkatkan resiko katarak, dan kerusakan syaraf.

Sekiranya perlu, pakailah kacamata. Kadang, di tempat-tempat tertentu yang memiliki potensi sinar UV berlebih yang dapat merusak mata, seperti di pantai Anda dapat memakai kacamata khusus penangkal sinar UV.

Periksalah jika Anda memiliki keluhan terhadap mata Anda. Dokter spesialis dapat membantu mencarikan solusi terbaik untuk Anda. Namun, kontrol rutin juga dapat memerkecil peluang sakit pada mata yang tidak disadari.

0 Coment: