Menambah Background dan Icon



Untuk mempercantik tampilan folder-folder favorit, saya biasanya menambahkan background gambar dan icon pada folder. sebenarnya banyak aplikasi untuk mengedit tampilan folder windows, tapi saya lebih suka cara manual. pada prinsipnya sama baik dengan aplikasi atau manual yaitu menambahkan file desktop.ini pada folder. untuk membuat file desktop.ini caranya sebagai yaitu buka notepad, ketik atau copy dan paste contoh berikut:
[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
IconArea_Text=0×000000
IconArea_Image=bumblebee.jpg
[.ShellClassInfo]
IconFile=bee.ico
IconIndex=0
penjelasannya, IconArea_Text adalah untuk warna text, pada contoh adalah warna hitam. untuk warna yang lain silahkan kesini http://www.two4u.com/color/big-table.htmlIconArea_Imageadalah untuk background, contoh saya menggunakan gambar format jpg. IconFile untuk memberikan icon folder.
terakhir save as dengan nama desktop.ini dan jangan lupa saat save pilihan save as type pilih All Files. jika file ini diletakkan pada drive C:,D: atau flashdisk otomatis background akan muncul. namun jika saya letakkan pada folder selain root (pada gambar contoh saya menggunakan folder D:\FolderTes), saya harus merubah atribut folder tersebut caranya ketik di command promptattrib +s d:\foldertes maka folder akan tampak seperti contoh gambar di atas. jika ingin mendownload file contoh silahkan download di https://sites.google.com/site/thesuhu/

0 Coment: