Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet


Bagi Sobat yang memiliki latop ataupun netbook mungkin bingung bagaimana cara merawat baterai laptop atau netbook Sobat agar tahan lama. Banyak orang yang memiliki masalah pada baterai yang mungkin mudah habis atau istilahnya adalah ngedrop. Mungkin banyak faktor yang menyebabkan keadaan seperti itu terjadi misalnya kurangnya perawatan dan juga mungkin termperatur terlalu panas sehingga menyebabkan baterai lapotp ataupun netbook jadi cepat habis bahkan rusak.
Jenis baterai laptop atau notebook yang sering digunakan saat ini adalah lithium-ion yang mungkin sudah banyak kita temukan pula pada peralatan elektronik lainnya seperti baterai handphone. Berbeda dengan baterai jenis NiCd, baterai Lithium-ion ini lebih tahan lama dan ramah lingkungan jika dibandingkan dengan baterai jenis NiCd yang dikenal beracun.
Nah khususnya Bagi Sobat yang mungkin memiliki beberapa masalah seperti di atas berikut beberapa tips atauCara Merawat BateraiLaptop/Notebook Agar Tahan Lama.chek kidot

1. Usahakan jaga kondisi suhu baterai

 Jangan menggunakan baterai di tempat-tempat yang panas seperti di dalam sauna atau oven. Intinya usahakan berhenti menggunakan komputer jika baterai laptop sudah terasa panas. Karena panas dapat menurunkan daya tahan baterai.

2. Usahakan jangan menggunakan sampai benar-benar habis

Untuk baterai Lithium Ion atau biasa disebut Li-Ion, usahakan jangan menggunakan sampai benar-benar habis. Minimal ketika baterai sudah mencapai 10-20% segera lakukan pengecasan terhadap baterai.

3. Lepas baterai ketika digunakan dalam jangka waktu lama

Jika kita menggunakan laptop dengan jangka waktu lebih dari 6 jam,usahakan untuk melepas baterai ketika digunakan. Kecuali untuk laptop yang sudah memiliki auto cut-off listrik seperti laptop-laptop Macintosh dan Asus mereka akan memutus aliran listrik ke baterai jika baterai sudah terisi penuh.

4. sisakan daya pada baterai sekitar 40% dan taruhlah di tempat yang kering

Jika laptop akan disimpan dalam jangka waktu yang lama dan ingin menjaga keutuhan daya tampung baterai, sisakan daya pada baterai sekitar 40% dan taruhlah di tempat yang kering. Beberapa ahli menyarankan untuk memasukannya ke dalam lemari es. Gunakan kantong plastik yang tertutup rapat untuk menyingkirkan kelembapan. Tapi ingat, jangan sampai membeku, hanya di dinginkan saja.

5. Gunakan software pengatur clockspeed processor dan software pembantu untuk kinerja baterai laptop / notebook

Ingin baterai kamu tahan lebih lama dari biasanya? Gunakan software power management untuk mengatur clockspeed processor agar daya yang digunakan laptop tidak begitu besar. Atau coba saja untuk meminimalkan cahaya LCD monitor, men-silentkan audio, mematikan Wifi & Bluetooth, mematikan CD Rom, mematikan software - software idle dan lainnya. Cara tersebut juga bisa membikin laptop kta lebih hemat baterai.Gunakan software pembantu untuk kinerja baterai laptop atau notebook anda, seperti Battery Care, HP Battery Checker, Baterry Optimizer, dll.

Nah itulah tips dari ane Cara Merawat BateraiLaptop/Notebook Agar Tahan Lama,semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi sobat-sobat…

0 Coment: