Cara menyamarkan Sebuah Folder Rahasia di Windows tanpa Memakai Software Tambahan


Cara mengamankan sebuah folder di Windows cukup beragam. Anda bisa membuat folder rahasia Anda tersembunyi serta membutuhkan password untuk mengaksesnya. Selain itu, Anda juga bisa menyamarkan folder rahasia tersebut.
Menyamarkan folder menjadi sebuah cara yang unik untuk mengamankan file rahasia Anda. Berikut ini adalah langkah yang bisa Anda jalankan:
1. Pertama, dalam tutorial ini pilih folder yang ingin disamarkan. Dalam kasus ini, folder yang dipakai adalah folder bernama Berita Teknologi.
2. Buka Lokasi folder tersebut dalam Command Prompt.

3. Selanjutnya, yang perlu Anda lakukan adalah mengganti nama dari folder yang ingin Anda sembunyikan sekaligus dengan menambahkan CSLID untuk komputer. Sebagai informasi, tanda petik yang digunakan dalam tutorial ini karena folder memiliki nama yang di dalamnya terdapat spasi. Jika folder yang Anda pakai tidak memiliki spasi, maka Anda tidak membutuhkan tanda petik.
ren “Berita Teknologi” “Berita Teknologi”.{20d04fe0-3aea-1069-a2d8-08002b30309d}
4. Proses selesai. Jika Anda mengklik folder yang Anda samarkan tersebut, maka halaman yang muncul adalah My Computer.
5. Selanjutnya, jika Anda ingin memunculkan kembali folder rahasia Anda, maka yang perlu Anda tuliskan adalah CSLID yang untuk Computer berikut:
ren “Berita Teknologi”.{20d04fe0-3aea-1069-a2d8-08002b30309d} “Berita Teknologi”
Dengan melakukan langkah ini, orang tidak akan mampu mengakses file rahasia Anda jika tidak mengetahui CLSID yang Anda gunakan. Untuk memudahkan dalam menyamarkan serta memunculkan file, Anda bisa membuat file Batch dengan format penulisan seperti berikut. File ini pun bisa Anda letakkan dalam lokasi yang Anda inginkan.  Yang perlu Anda ketahui, langkah penyamaran ini tidak menghentikan langkah seseorang ketika mereka ingin menghapus file rahasia Anda.

0 Coment: